Jurnal Refleksi Modul 1.3 VISI GURU PENGGERAK

Oleh : MHD.IHSAN,S.Pd., Gr.
CGP Angkatan 9 Kota Batam
Refleksi adalah proses yang melibatkan pemikiran mendalam dan introspeksi tentang pengalaman, tindakan, atau situasi tertentu. Saya menyadari bahwa refleksi diri ibarat bercermin di atas air, kita hanya akan jelas terlihat jika permukaan air tenang dan jernih. Untuk itu refleksi diri membutuhkan ketenangan supaya tergambar jelas peristiwa yang dilalui.
Jurnal Dwi Mingguan yang saya buat ini adalah tulisan dari lanjutan proses belajar yang saya lalui pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 Kota Batam. Penulisan jurnal ini menggunakan model Refleksi 4F yaitu : Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). hasil Refleksi Dwi Mingguan saya selama pengikuti Pendidikan Guru Penggerak Modul 1.3
1. Fact (Peristiwa)
Pada modul 1.3 ada beberapa tahapan kegiatan yang telah saya lalui. Mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan aksi nyata. Pada modul ini saya diarahkan untuk merumuskan visi sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan pada eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.
Saya banyak belajar dari Instruktur, Fasilitator dan rekan guru hebat dalam perumusan visi yang berpihak pada murid. Kegiatan Ruang kolaborasi merupakan peristiwa yang sangat saya selalu nantikan karena selalu terjadi pertukaran pikiran yang positif.
2. Feeling (Perasaan)
Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini adalah senang dan semakin termotivasi untuk semangat dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan. Semangat dan motivasi saya ini akan membuat aura positif dalam menjalankan prakarsa perubahan saya sehingga visi saya akan terwujud. Banyak hal baru yang saya pelajari dalam materi modul 1.3 untuk membuat visi gambaran untuk mewujudkan murid yang berkarakter baik dimasa mendatang. Saya berupaya menjalankan rencana perubahan yang sudah direncanakan. Semangat dan motivasi ini akan membuat budaya positif dalam menjalankan prakarsa perubahan sehingga visi saya akan terwujud.
3. Findings (Pembelajaran)
Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada ,namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga sehingga pemikiran kita diarahkan arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi.
4. Future (Penerapan)
Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yang terah saya rancang yaitu” TERWUJUDNYA GENERASI EMAS YANG TANGGUH DAN BERAKHLAK”. Untuk menuju visi ini maka langkah awal yang saya lakukan adalah mellaksanakan Prakarsa Perubahan yang telah saya susun yaitu “ "Meningkatkan motivasi belajar murid melalui pembelajaran yang menyenangkan dengan pemanfaatan teknologi”
Melalui pembelajaran yang menyenangkan yang berpihak pada murid sehingga membuat murid berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Untuk mewujudkan murid yang kreatif melalui pembelajaran yang menyenangkan saya harus melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak.
Salam Guru Penggerak !!!
Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan