Sekolah Menengah Pertama Negeri 53 Batam
Guru Penggerak


Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Oleh : URIP TRIO ARMI,S.Pd. CGP Angkatan 11 Kota Batam   Penulisan jurnal ini menggunakan model Refleksi 4F yaitu : Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). hasil Refleksi Dwi Mingguan saya selama pengikuti Pendidikan Guru Penggerak Modul 3.3 1.      Fact (Peristiwa) Modul 3.3, sebagai ..

selengkapnya

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN     Urip Trio Armi CGP Angkatan 11 Kota Batam   Salam Guru Penggerak! Jurnal Dwi Mingguan yang saya buat ini adalah tulisan dari lanjutan  proses belajar yang saya lalui pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 11 Kota Batam. Penulisan jurnal ini menggunakan model Refleksi 4F yaitu: Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), ..

selengkapnya

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.3 - 7 - Coaching untuk Supervisi Akademik

URIP TRIO ARMI,S.Pd. CGP Angkatan 11 Kota Batam Refleksi Model 4C 1.      Fact (Peristiwa) Kegiatan Modul 2.3 dimulai dari diri. Alur mulai dari diri diawali dengan menjawab lima pertanyaan reflektif mengenai kegiatan observasi atau supervisi yang pernah dilaksanakan. Kemudian, saya menjawab dua pertanyaan mengenai harapan saya tentang ..

selengkapnya

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2 - Pendidikan Sosial Emosional

Jurnal Refleksi Modul 2.2 Pendidikan Sosial Emosional Model Refleksi 4F Fact Pengalaman saya mengikuti pembelajaran di dua minggu adalah pembelajaran Pendidikan Sosial Emosional yang merupakan salah satu bagian dari proses pembelajaran yang pada dasarnya adalah bentuk penerapan untuk diri guru dan murid. Bagian ini mencakup  kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, ..

selengkapnya

"Visi Guru Penggerak", Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Urip Trio Armi Angkatan 11 CGP Kota Batam Model 4F Facts Pengalaman saya mengikuti pembelajaran di minggu ini yaitu dapat memahami visi guru penggerak dengan mulai dari diri, eksplorasi konsep, dan ruang kolaborasi yang berpatokan dengan BAGJA prakarsa perubahan. Saya dan kelompok saling memberikan visi terbaik demi tercapainya cita-cita yang ..

selengkapnya

Jurnal Refleksi Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik

Oleh : MHD.IHSAN,S.Pd., Gr. CGP Angkatan 9 Kota Batam Saya Mhd.Ihsan CGP Angkatan 9 Kota Batam. Saya akan menceritakan tentang hasil refleksi saya mengenai modul 2.3 “Coaching untuk Supervisi Akademik” yang sudah saya pelajari. Saya merefleksikan modul ini dengan menggunakan modul refleksi 4F. Kegiatan refleksi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan ..

selengkapnya

Jurnal Refleksi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional

Oleh : MHD.IHSAN,S.Pd., Gr. CGP Angkatan 9 Kota Batam Jurnal Dwi Mingguan yang saya buat ini adalah tulisan dari lanjutan  proses belajar yang saya lalui pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 Kota Batam. Penulisan jurnal ini menggunakan model Refleksi 4F yaitu : Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). hasil Refleksi Dwi Mingguan saya ..

selengkapnya

Jurnal Refleksi Modul 2.1 Pembelajaran Bediferensiasi

Oleh : MHD.IHSAN,S.Pd., Gr. CGP Angkatan 9 Kota Batam   Jurnal Dwi Mingguan yang saya buat ini adalah tulisan dari lanjutan  proses belajar yang saya lalui pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 Kota Batam. Penulisan jurnal ini menggunakan model Refleksi 4F yaitu : Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). hasil Refleksi Dwi ..

selengkapnya

Jurnal Refleksi Modul 1.4 Budaya Positif

Oleh : MHD.IHSAN,S.Pd., Gr. CGP Angkatan 9 Kota Batam Jurnal Dwi Mingguan yang saya buat ini adalah tulisan dari lanjutan  proses belajar yang saya lalui pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 Kota Batam. Penulisan jurnal ini menggunakan model Refleksi 4F yaitu : Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). hasil Refleksi Dwi Mingguan saya ..

selengkapnya

Jurnal Refleksi Modul 1.3 VISI GURU PENGGERAK

Oleh : MHD.IHSAN,S.Pd., Gr. CGP Angkatan 9 Kota Batam Refleksi adalah proses yang melibatkan pemikiran mendalam dan introspeksi tentang pengalaman, tindakan, atau situasi tertentu. Saya menyadari bahwa refleksi diri ibarat bercermin di atas air, kita  hanya akan jelas terlihat jika permukaan air tenang dan jernih. Untuk itu refleksi diri membutuhkan ketenangan supaya tergambar jelas ..

selengkapnya

Jurnal Refleksi Modul 1.2 Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak

Oleh : MHD.IHSAN,S.Pd., Gr. CGP Angkatan 9 Kota Batam Refleksi adalah proses yang melibatkan pemikiran mendalam dan introspeksi tentang pengalaman, tindakan, atau situasi tertentu. Saya menyadari bahwa refleksi diri ibarat bercermin di atas air, kita  hanya akan jelas terlihat jika permukaan air tenang dan jernih. Untuk itu refleksi diri membutuhkan ketenangan supaya tergambar jelas ..

selengkapnya

“Filosofis Pendidikan KHD & Nilai dan peran Guru Penggerak”

Oleh : MHD.IHSAN,S.Pd., Gr. CGP Angkatan 9 Kota Batam Setelah saya menyelesaikan pembelajaran pada modul 1.1 hingga modul 1.2 banyak pengetahuan dan pembelajaran yang saya dapatkan. Mulai dadi pemikiran KHD tentang Pendidikan yang menuntun hingga Peran dan Nilai Guru Penggerak. Pembahan koneksi antar materi ini akan menggunakan Model Refleksi 4P yaitu Peristiwa,Perasaan,Pembelajaran dan ..

selengkapnya

Jurnal Refleksi Modul 1.1 Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Oleh : MHD.IHSAN,S.Pd., Gr. CGP Angkatan 9 Kota Batam Refleksi adalah momen untuk berdialog dengan diri sendiri dalam memaknai sebuah peristiwa yang dilalui. Melalui Refleksi Dwi Mingguan ini saya berharap dapat meningkatkan pemahaman, mengidentifikasi pengetahuan yang sudah didapat dan menyusun rencana perubahan untuk kedepan. Menuliskan jurnal refleksi secara rutin akan memberikan ruang bagi ..

selengkapnya

Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 “Pemikiran Ki Hajar Dewantara”

Oleh : MHD.IHSAN,S.Pd., Gr. CGP Angkatan 9 Kota Batam   Pengajaran merupakan salah satu bagian dari Pendidikan, Pengajaran adalah pendidikan dengan cara memberi ilmu yang bermanfaat untuk hidup anak-anak baik secara Lahir dan Batin. Sedangkan pendidikan itu secara umum dapat diartikan sebagai tuntunan hidup tumbuhnya anak-anak. Pendidikan diharapkan dapat menuntun kodrat yang ada pada ..

selengkapnya