Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Oleh : URIP TRIO ARMI,S.Pd.
CGP Angkatan 11 Kota Batam
Penulisan jurnal ini menggunakan model Refleksi 4F yaitu : Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). hasil Refleksi Dwi Mingguan saya selama pengikuti Pendidikan Guru Penggerak Modul 3.3
1. Fact (Peristiwa)
Modul 3.3, sebagai modul penutup dalam Pendidikan Guru Penggerak, mengikuti pola yang telah ada sebelumnya dengan mengikuti alur MERDEKA, yang dimulai dari tahap "Mulai dari Diri." Dalam tahap ini, CGP diperkenalkan dengan pertanyaan awal mengenai program yang berdampak pada murid dan hubungannya dengan student agency. Modul kemudian membahas cara menyusun program yang memberikan dampak positif pada murid serta bagaimana meningkatkan student agency dengan mempertimbangkan aspek-aspek penting seperti suara, pilihan, dan kepemilikan. Selain itu, modul juga mengupas isu tentang lingkungan yang mendukung perkembangan kepemimpinan murid dan keterlibatan komunitas dalam memfasilitasi perkembangan ini. Pada forum diskusi eksplorasi konsep, beberapa CGP berbagi pengalaman mereka terkait program-program yang telah dijalankan di sekolah mereka yang berdampak positif pada murid, sementara yang lain memberikan umpan balik dan diskusi terkait hal tersebut.
2. Feeling (Perasaan)
Pada awal sebelum mempelajari modul, masih merasa bingung dengan pengelolaan sumber daya yang berpihak pada murid. Namun, setelah mengikuti alur ekplorasi konsep dan ruang kolaborasi. Saya menjadi jelas bahwa pengelolaan sumber daya yang berpihak pada murid dilakukan dengan menjadikan murid sebagai student agency/kepemimpinan murid. Selanjutnya saya merasa semakin tercerahkan, saat alur presentasi ruang kolaborasi, semakin paham bahwa agar kita dapat menjadikan murid sebagai pemimpin bagi proses pembelajarannya sendiri, maka kita perlu memberikan kesempatan kepada murid untuk mengembangkan kapasitasnya dalam mengelola pembelajaran mereka sendiri, sehingga potensi kepemimpinannya dapat berkembang dengan baik.
3. Findings (Pembelajaran)
Modul 3.3 telah memperluas wawasan saya dalam merencanakan dan merancang kegiatan yang berpotensi memberikan dampak positif pada murid. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kepemimpinan murid atau student agency. Untuk mencapai dampak positif ini, penting untuk mempertimbangkan aspek-aspek seperti suara (voice) dan pilihan (choice) yang dimiliki oleh murid, sehingga mereka dapat merasa memiliki (ownership) terhadap kegiatan tersebut.
Dalam perancangan program yang akan memberikan dampak positif pada murid, tahap awal yang penting adalah melakukan pemetaan aset atau sumber daya yang dimiliki oleh sekolah secara cermat. Dengan langkah ini, program dapat dioptimalkan dengan lebih baik, mengurangi hambatan yang mungkin timbul, dan berkontribusi pada pencapaian visi dan misi sekolah. Pemetaan aset adalah langkah penting dalam memastikan kesuksesan program yang berfokus pada murid
4. Future (Penerapan)
Rencana kedepannya yang akan saya lakukan adalah saya akan melakukan kolaborasi dengan rekan dan murid-murid saya di sekolah, berbagi ilmu dan secara bersama-sama untuk merancang program atau kegiatan yang dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dengan mendengarkan suara (voice) dan pilihan (choice) mereka. Sehingga program tersebut dapat berdampak bagi murid dan menumbuhkan rasa memiliki pada diri murid terhadap apa yang sudah dirancang secara bersama-sama.
Salam Guru Penggerak