Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
Urip Trio Armi
CGP Angkatan 11 Kota Batam
Salam Guru Penggerak!
Jurnal Dwi Mingguan yang saya buat ini adalah tulisan dari lanjutan proses belajar yang saya lalui pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 11 Kota Batam. Penulisan jurnal ini menggunakan model Refleksi 4F yaitu: Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). hasil Refleksi Dwi Mingguan saya selama pengikuti Pendidikan Guru Penggerak Modul 3.2.
1. Fact (Peristiwa)
Masuk pada Modul 3.2 dimulai “Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya”. Saya belajar secara syncronus dan asyncronus melalui LMS yang tersedia. Seperti pada modul-modul sebelumnya kami secara teratur melalui tahapan alur MERDEKA yaitu : Mulai dari diri – Eksplorasi Konsep – Ruang Kolaborasi – Demonstrasi Kontekstual – Koneksi Antar Materi – Aksi Nyata. Dimulai dari alur Mulai dari diri: Kegiatan dimulai dengan mengingat kembali faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Eksplorasi Konsep: Alur ini menyediakan berbagai konten teks dan video terkait identifikasi sumber daya di sekolah untuk mendukung jalannya sebuah program. Ruang kolaborasi, merupakan kegiatan yang dipandu oleh fasilitator kelompok kami membahas dalam ruang break room mengenai idektifikasi 7 aset yang ada disekolah. Kemudian hasil diskusi dibahas pada ruang kolaborasi sesi presentasi di hari selanjutnya. Demonstrasi Kontekstual. Pada alur ini kami diminta untuk membuat laporan identifikasi aset sekolah. Dalam kegiatan elaborasi pemahaman. disini kami banyak belajar dari Narasumber bagaimana aset dapat dilihat sebagai support utama pengembangan sekolah. Pada alur koneksi antar materi, dimana saya diminta menuliskan keterkaitan modul yang sudah saya pelajari dengan modul 3.2. dan selanjutnya saya mulai membuat aksi nyata saya berupa identifikasi kasi aset sekolah.
2. Feeling (Perasaan)
Perasaan yang muncul setelah menyelesaikan modul 3.2 adalah perasaan penuh syukur. saya merasa senang karena saya kembali memperoleh pengetahuan baru terkait materi yang disajikan oleh modul ini. Saya mengetahui bahwa aset sekolah bukan saja fisik tapi juga non fisik. Saya tertarik untuk memetakan seluruh aset/sumber daya yang ada di sekitar lingkungan sekolah yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk mencapai visi sekolah yan ideal.
3. Findings (Pembelajaran)
Banyak hal positif yang saya peroleh sebagai hasil belajar saya. Modul ini mengajak saya untuk menggunakan kekuatan/aset sebagai tumpuan berpikir dengan memusatkan perhatian pada apa yang berjalan dengan baik, yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan ataupun potensi yang positif. Jadi kita diwajibkan untuk mengubah paradigma/pola pikir kita yang cenderung menggunakan pendekatan berbasis kekurangan/masalah. Saya telah mempelajari bagaimana cara mengidentifikasi aset sekolah untuk pengembangan program sekolah. Mendata aset sekolah dengan pendekatan aset/kekuatan sehingga dapat memberikan semangat bagi seluruh warga sekolah untuk lebih termotivasi menjalankan setiap kegiatan.
4. Future (Penerapan)
Dengan pemahaman dan pengetahuan yang saya peroleh di modul 3.2 Tindak lanjut dari pemahaman saya terhadap modul 3.2 ini yaitu: Mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari pada modul 3.2 yaitu Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, sehingga merubah pola pikir yang semula berpikir selalu berbasis masalah menjadi berpikir berbasis aset.