Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1 - Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Kebajikan Pemimpin
.jpg)
Oleh : URIP TRIO ARMI,S.Pd.
CGP Angkatan 11 Kota Batam
1. Fact (Peristiwa)
Sebelum memulai pembelajaran modul 3.1, saya memulainya dengan pre-test di awal. Setelah itu, pembelajaran dilanjutkan dengan alur MERDEKA (Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi antar materi, dan Aksi nyata), namun baru terlaksana mulai dari diri karena baru 2 hari modul ini bisa dibuka.
Tahap pertama mulai dari diri yaitu kegiatan ini dimulai dengan menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin.
2. Feeling (Perasaan)
Perasaan yang muncul setelah membaca di tahap awal . Saya merasa sangat senang dan beruntung karena modul ini telah membuka pola pikir yang luas bagi saya dalam pemahaman tentang pengambilan keputusan. Saya merasa tertantang untuk benar-benar mengaplikasikan konsep 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip penting dalam pengambilan keputusan, dan 9 langkah yang mendalam dalam mengambil dan menguji keputusan, terutama ketika saya dihadapkan pada dilema etika dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
3. Findings (Pembelajaran)
Pembelajaran yang saya peroleh dari modal 3.1 adalah bahwa dalam pengambilan suatu keputusan haruslah berdasarkan nilai-nilai kebajikan dari pihak pada murid dan dipertanggungjawabkan. Kemudian, kita harus identifikasi terlebih dahulu Apa permasalahan yang dihadapi apakah dilema etika atau bujukan moral. Penerapan 4 paradigma pengembangan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan sebagai langkah awal untuk menentukan apakah masalah tersebut menunjukkan moral. Pentingnya memahami perbedaan antara dilema etika dan bujukan moral sangatlah relevan dalam pengambilan keputusan. Apabila sebuah kasus dapat dipahami sebagai pelanggaran hukum, maka langkah-langkah pengambilan keputusan bisa berhenti karena sudah melalui uji legalitas. Ini adalah pengetahuan berharga yang saya peroleh dari modul ini, yang akan saya terapkan dalam pengambilan keputusan di masa depan, terutama ketika berhadapan dengan situasi yang kompleks dan memerlukan pertimbangan etika yang mendalam.
4. Future (Penerapan)
Dengan pemahaman dan pengetahuan yang saya peroleh di awal modul 3.1 ini saya akan lanjut ke pemhaman berikutnya melalui alur MERDEKA. Ke depannya saya akan mulai menerapkan 4 paradigma pengambilan keputusan 3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Saya akan berbagi pengalaman dengan rekan sejawat saya mengenai langkah-langkah pengambilan keputusan ini. Agar nantinya kami dapat mengambil keputusan sesuai dengan nilai-nilai kebajikan universal dapat dipertanggungjawabkan dan semuanya berpihak pada murid.
*Salam Guru Penggerak*
Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan